3 Hal yang Harus Diketahui Pengusaha tentang Digital Marketing dan PR

Kesulitan yang paling umum ditemukan oleh pengusaha adalah bagaimana memasarkan bisnis atau produknya. Dan saat ini masih sangat banyak pengusaha yang belum mengerti pentingnya marketing melalui kanal digital, padahal sebagian besar manusia di dunia sudah terhubung dengan internet dalam kehidupan sehari-harinya.

Banyak pengusaha yang sangat ahli dalam penguasaan produk dan proses pembuatan produknya, tetapi tidak banyak yang menguasai digital marketing dan public relation (PR). Berikut ini ada 3 hal yang perlu diketahui tentang marketing dan PR yang bisa mengarahkan perusahaan kita untuk membidik target pasar dengan tepat:

  1. Pahami pentingnya search engine

Kita tentu tahu bagaimana menggunakan search engine (mesin pencari) seperti google dan yahoo untuk mencari informasi di internet. Tetapi tidak banyak yang mengerti bagaimana cara kerja dari mesin pencari tersebut.

Search engine memiliki berton-ton informasi tentang trend pencarian yang sedang banyak dicari orang. Dan pengusaha bisa melakukan riset untuk mengetahui apa yang sedang banyak dicari orang, sehingga kita bisa memberikan solusi atas apa yang sedang dicari oleh target pasar kita. Dengan memahami apa yang sedang dicari oleh banyak orang maka kita tahu persis bagaimana cara membuat konten marketing yang relevan dengan target market kita.

Setelah mengetahui kebutuhan target pasar, maka hal yang paling penting adalah membuat website bisnis kita bisa berada di halaman depan search engine. Search Engine seperti, Google dan Bing, menyukai website yang memiliki link berkualitas dari website lain yang memiliki rangking yang bagus.

Kita bisa melakukan riset menggunakan Majestic.com, yang menawarkan tool yang disebut Site Explorer, yang mampu mengidentifikasi situs-situs yang melink ke website. Dengan tool ini kita bisa melakukan riset website berkualitas yang melink ke situs kompetitor kita. Sehingga kita bisa menguhubungi pemilik website tersebut untuk melink-kan ke situs kita juga, tentu biasanya ada biaya untuk hal tersebut.

  1. Memahami marketing sosial media perlu kecanggihan

Pengusaha yang tidak memiliki pengalaman marketing biasanya memiliki pemikiran marketing sosial media tidak memerlukan biaya yang besar. Dan biasanya mereka juga berpikir bahwa setiap posting di sosial media dan website akan secara cepat menjadi viral marketing. Ini merupakan pemikiran yang salah

Diperlukan taktik yang canggih untuk mendesain gambar atau video materi marketing untuk menterjemahkan konten marketing yang ingin kita sampaikan ke audiens. Untuk membuat desain konten marketing, strategi eksekusi marketing dan mengukur efektivitas marketing memerlukan biaya yang besar.

Dan bila website bisnis kita tidak mampu menarik pengunjung dengan marketing organik, maka pilihan lain adalah dengan berinvestasi untuk memasang iklan di sosial media seperti Facebook, Twitter, atau di Google Ads. Melakukan digital marketing memerlukan biaya yang tidak sedikit oleh karenanya kita harus membuat budget khusus untuk kegiatan ini.

  1. Memahami bahwa Public Relation memerlukan kecerdasan dan konteks

Saat ini perbedaan PR dan marketing sangat tipis. Sebelumnya PR adalah orang yang bertanggung jawab untuk menghubungi media cetak dan elektronik untuk meliput perusahaannya. Tetapi di era digital dan sosial media hal tersebut tidak terlalu relevan lagi.

Kini pengusaha menginginkan PR dan marketing mampu menyampaikan pesan perusahaan atau produk ke masyarakat atau target pasar. PR harus mampu membuat artikel, cerita atau konten tentang kegiatan di internal dan luar perusahaan. Konten merupakan tool untuk melakukan kampanye yang efektif. Karena konten tersebut bisa diketahui oleh jutaan orang di sosial media. PR yang bagus adalah yang mampu bekerja dengan konteks.


Other articles